Blogger templates

 

Minggu, 16 Juni 2013

Snot atau coryza Pada Burung Kenari

0 komentar



Berikut ini saya akan mencoba mengulas tentang penyakit SNOT (PILEK UNGGAS / Coryza) pada LB maupun pada burung Kenari berdasarkan pengalaman saya. Biasanya LB/Kenari akan mudah terkena SNOT (PILEK UNGGAS / Coryza) apabila mengalami perubahan cuaca, saran saya apabila baru membeli LB dari manapun coba pertama kali memandikan burung dengan Antiseptik, guna mencegah terjadinya(PILEK UNGGAS / Coryza). Dan tidak mengantang LB / Kenari yg baru pada malam hari diluar.

SNOT sering disebut juga Coryza merupakan salah satu dari banyak penyakit pernafasan yang juga dapat menimbulkan suara seperti ngorok. Snot disebabkan oleh bakteri haemophilus paragalinarum yang merupakan bakteri gram negatif, berbentuk batang pendek atau cocobacililli (jika dilihat dengan mikroskop J ), tercat polar, non motil, tidak membentuk spora dan fakultatif anaerob. Sampai saat ini di Indonesia diketahui ada 3 serotype Coryza yaitu A, B dan C namun ada serotype lain yang merupakan varian B atau ada juga menyebutkan serotype non-ABC. Sebenarnya bakteri ini mudah mati jika berada diluar tubuh inang/ LB/ KENARI yaitu akan mati sekitar 4 jam namun akan sedikit lebih bertahan jika bakteri ini berada dalam eksudat/ lendir/ ingus yaitu bisa antara 1-3 hari.Gejala klinis yang paling awal dapat ditemukan pada LB/Kenari adalah mata berair, selaput dalam mata keluar, sering mengesekan mata ke tangkringan, dan ngantukan. Efek dari penyakit ini menyebabkan penurunan nafsu makan dan minum serta terjadinya stress berat. Akibatnya daya tahan tubuh melemah dan LB/KENARI akan mudah terserang penyakit (nyilet) dan lainnya. Memang seperti yang tertulis dibanyak literatur bahwa angka kematian akibat coryza tidak terlalu tinggi namun angka kematian coryza yang berkomplikasi dengan penyakit lainnya menjadikan infeksi coryza yg harus diwaspadai.

Adapun Obat utk penyakit ini adalah Antibiotika Spectrum Sempit dan Vitamin pendukung dan salep mata.

Adapun cara penangan penyakit ini adalah sbb ;
1. Memisahkan burung yang sakit ke sangkar berkerodong dan tidak dilakukan penjemuran. Taruh pada suhu kamar. Lakukan hal ini sampai burung benar-benar sembuh.
2. Menjauhkan dari burung burung yg sehat, guna mencegah penularan.
3. Pastikan setiap hari sangkar harus dibersihkan dengan disekfektan atau air panas, guna mematikan bakteri diluar inang. Dan pastikan kandang tidak lembab serta kering.
4. Berikan / Minumkan 2 tetes propolis ke LB, 1 Tetes untuk Kenari 2X dalam sehari.
5. Tetesan salep mata Oxytetracycline 3 X dalam sehari. (min 2x sehari).
6. Berikan minuman matang yg dicampur vitamin becombion drop setiap hari harus diganti.
7. Insya Allah selama seminggu akan sembuh. (paling lambat 2 minggu).

0 komentar:

Poskan Komentar