Blogger templates

 

Minggu, 19 Mei 2013

Memunculkan dan merawat warna merah pada kenari

0 komentar

Kenari merah dewasa harus selalu diberi makanan yang mengandung pakan yang bisa memacu dan menjaga warna tersebut (campuran canthaxanthin dan beta-carotene). Jika tidak, lama kelamaan warna merahnya bakal pudar. Utamanya jika dia sedang moltin/mabung. Jika tidak, maka warna merahnya bisa hilang sama sekali dan tinggal warna kuning.




Kenari merah mabung
Ketika burung molting/mabung, maka kondisi fisik sangat menurun dan biasanya burung stress serta berkurang nafsu makannya.
Namun demikian hal ini bisa diatasi dengan cara memberikan ramuan makanan buatan sehingga nafsu makan meraka tetap terjaga. Misalnya dengan memberikan pakan buatan yang merupakan campuran telur, daging atau ikan laut, biji-bijian dan kacang-kacangan yang semuanya dimasak dan dicampur-ratakan dengan baik. Pakan ini akan memberikan protein yang baik untuk burung. Penambahan protein tertentu sangat dianjurkan untuk menguatkan dan mencerahkan bulu burung.
Cara menumbuhkan dan merawat warna merah ala Sunhaji Malang:
Suatu saat saya ke Malang dan bertemu dengan Pak Sunhaji Malang. Dia bercerita mengenai pengalamannya menumbuhkan dan merawat warna merah pada kenari dengan menggunakan cabe merah besar/kopong.
Ketika kenari memasuki masa mabung, dia menyarankan untuk diberi cabe merah besar (bukan cabe merah keriting) yang dibelah menjadi dua dan digantungkan di sangkar burung untuk dimakan burung.
Saya bertanya mengenai kemungkinan burung kepedasan dan sakit, dia mengatakan tegas: “Tidak. Saya pernah mencoba. Itu lebih alami ketimbang menggunakan zat kimia yang juga dijual di pasaran….”
Bagaimana hasil dari warna merah pada kenari yang diberi konsumsi cabe tersebut, dia menjawab yakin pula: “Kalau asalnya merah, ya tetap merah. Kalau semula tidak merah (bisa kuning. isabel dsb) akan muncul warna merah.”
Photobucket
Cabe merah besar
cabe keriting
Cabe keriting
Saya tegaskan lagi pertanyaan, “semerah apa?”. Dia menjawab, ”Ya merah sebagaimana merahnya warna kenari merah yang diberi konsumsi obat kimiawi pemerah bulu…”
Karena saya belum pernah mencoba sendiri, sementara ini saya percaya saja kepada Pak Sunhaji karena dia memang sudah bergelut lama dalam perkenarian; baik sebagai importir, pedagang grosiran maupun eceran, juga menangkar sendiri kenari-kenari eks impor ataupun lokalan.

0 komentar:

Poskan Komentar